Skip to main content

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Materi "This is My School"

  A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran : 2023-2024 Kelas/Fase : Kelas VII/Fase D Alokasi Waktu : 2 JP (2x40 menit) B. Capaian Pembelajaran Fase D 1. Fase Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. 2. Elemen CP : a) Elemen Membaca - Memirsa Pada akhir Fase D, siswa dapat secara berkelompok dan mandiri membaca dan merespons teks-teks yang sudah dikenal dan tidak dikenal yang berisi struktur yang dapat diprediksi dan kosakata yang sudah dikenal, serta dapat menemukan dan mengevaluasi ide-ide utama dan informasi spesifik dalam teks-teks dengan genre yang berbeda. b) Elemen...

Orang Miskin Dilarang Sarjana


Demo yang dilakukan mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Banyumas berujung ricuh, bagaimana tidak mahasiswa memaksa masuk menjebol pintu kantor rektorat, pasalnya rektor tidak datang menemui para massa yang melakukan aksi pada Senin (29/4/2024).

Aksi tersebut dilatarbelakangi kebijakan kenaikan Uang Kuliah Tunggal 2024 yang dinilai memberatkan mahasiswa(i).

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Aksi, Fadhil Syahputra.

"Yang jelas kalau tuntutan kita tidak dicabut, kita menuntut untuk turunkan rektor, saat ini kita menduduki rektorat. Cabut undang-undangnya ganti dengan yang baru, ganti seperti semula," ujarnya, dikutip dari TribunBanyumas.com.

Tuntutan massa aksi akhirnya berbuah manis dengan adanya Peraturan Rektor Nomor 6 Tahun 2024 tentang Biaya Pendidikan Mahasiswa itu telah dicabut pada Senin (29/34/2024).

Namun ada yang lucu dari aksi ini, bukan terjadi pada saat aksi dilakukan melainkan setelah aksi selesai.

Hal ini di tengarai dengan viralnya foto mahasiswa unsoed membentangkan spanduk dengan slogan “ORANG MISKIN DILARANG SARJANA”

Slogan tersebut dianggap netizen ejekan, menyindir dan merendahkan masyarakat kurang mampu padahal orientasi dari kalimat itu untuk menyindir pihak penguasa yang melakukan kapitalisasi pendidikan yang berdampak pada sulitnya mengakses pendidikan karena mahal.

Tidak salah juga dengan anggapan netizen namun yang salah adalah langsung menjustifikasi tanpa mencari tahu maksud dari kalimat tersebut.

Kalimat dalam slogan itu terjadi dua pandangan ada yang mengatakan kalimat satire dan ada yang menganggap majas sarkasme.

Dari dua pandangan tersebut tidak ada yang salah karena sama-sama menganggap kalimat dalam slogan itu adalah sindiran kepada pihak penguasa bukan merendahkan masyarakat ekonomi rendah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) satire adalah gaya bahasa yang dipakai dalam kesusastraan untuk menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan atau seseorang.

Mengutip dari buku Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia, satire adalah gaya bahasa yang berbentuk penolakan dan mengandung kritik dengan maksud agar sesuatu yang salah dicari solusi atau kebenarannya.

Sedangkan Sarkasme atau dalam Bahasa Inggris disebut sarcasm adalah sebuah majas sindiran atau figure of speech yang digunakan untuk mengatakan kebalikan dari apa yang sebenarnya. Sarkasme umumnya bernada negatif.

Dari kejadian viralnya slogan tersebut yang berdampak banyak netizen yang merasa dihina diejek dan di rendahkan, menjawab pertanyaan mengapa “pendidikan Penting” dalam kehidupan pasalnya untuk memahami orientasi dan maksud dari sebuah kalimat tentunya dibutuhkan literasi.

Comments

Popular posts from this blog

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Materi "This is My School"

  A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran : 2023-2024 Kelas/Fase : Kelas VII/Fase D Alokasi Waktu : 2 JP (2x40 menit) B. Capaian Pembelajaran Fase D 1. Fase Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. 2. Elemen CP : a) Elemen Membaca - Memirsa Pada akhir Fase D, siswa dapat secara berkelompok dan mandiri membaca dan merespons teks-teks yang sudah dikenal dan tidak dikenal yang berisi struktur yang dapat diprediksi dan kosakata yang sudah dikenal, serta dapat menemukan dan mengevaluasi ide-ide utama dan informasi spesifik dalam teks-teks dengan genre yang berbeda. b) Elemen...

Tutorial Hijab Segiempat Simple, Elegan dan Cocok untuk Semua Acara

Hijab merupakan sesuatu yang digunakan oleh kaum muslimah atau kaum hawa untuk menutupi aurat di bagian kepala. Kaum muslimah seringkali mencari gaya atau style dalam memakai hijab yang sedang viral atau sedang trend. Mereka mencari tahu bagaimana cara untuk terlihat cantik, simple, dan elegan dalam menggunakan hijab di era sekarang ini. Nah, bagi kalian yang sedang mencari tahu bagaimana cara memakai hijab segiempat dengan style yang sedang trending. 1. Gunakan hijab dengan 2 sisi (kiri dan kanan) seimbang. 2. Selanjutnya, hijab jangan ditekuk terlalu maju, secukupnya saja. 3. Gunakan double pin/jarum pentul agar hijab tidak maju mundur (stay). 4. Lalu, tarik salah satu sisi ke belakang. 5. Setelah itu, bawa sisi yang ditarik tadi kembali ke depan. 6. Lalu, rapihkan bagian yang tadi ditarik ke depan. 7. Gunakan pin untuk menyatukan sisi yang tadi ditarik ke depan dengan sisi yang satunya. 8. Terakhir, rapihkan hijab di bagiann leher agar tidak terlihat berantakan. Style hijab simple d...

Siapa Aku? Siapa Kita?

Apakah semangka itu enak? Tentunya akan perbedaan jawaban dari pertanyaan itu, akan ada yang menjawab enak dan ada yang tidak. Jika si a mengatakan tidak enak maka si b tidak boleh memaksa si a untuk menyukai semangka itu sebab pertanyaan tersebut bersifat subjektif tergantung bagaimana individu itu mengindrai semangka yang dimakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pertanyaan soal rasa jawabannya dapat diperdebatkan karena tidak mempunyai definisi tunggal yang mutlak sebaliknya soal ukuran seperti besar, panjang, tinggi dan sebagainya itu mempunyai definisi yang mutlak dan tidak dapat diperdebatkan. Apakah hal terpenting dalam kehidupan? Jika pertanyaan ini dijawab oleh seseorang yang sedang kelaparan maka jawabannya pasti makanan, jika dijawab seseorang yang sedang kedinginan maka jawabannya pasti kehangatan.  Dan jika ditanyakan kepada seseorang yang sedang kesepian jawabannya mungkin teman untuk berbagi. Jika kebutuhan Dasar sudah terpenuhi masih adakah yang dibutuhkan manusia?...