Skip to main content

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Materi "This is My School"

  A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran : 2023-2024 Kelas/Fase : Kelas VII/Fase D Alokasi Waktu : 2 JP (2x40 menit) B. Capaian Pembelajaran Fase D 1. Fase Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. 2. Elemen CP : a) Elemen Membaca - Memirsa Pada akhir Fase D, siswa dapat secara berkelompok dan mandiri membaca dan merespons teks-teks yang sudah dikenal dan tidak dikenal yang berisi struktur yang dapat diprediksi dan kosakata yang sudah dikenal, serta dapat menemukan dan mengevaluasi ide-ide utama dan informasi spesifik dalam teks-teks dengan genre yang berbeda. b) Elemen...

Siapa Aku? Siapa Kita?


Apakah semangka itu enak? Tentunya akan perbedaan jawaban dari pertanyaan itu, akan ada yang menjawab enak dan ada yang tidak.

Jika si a mengatakan tidak enak maka si b tidak boleh memaksa si a untuk menyukai semangka itu sebab pertanyaan tersebut bersifat subjektif tergantung bagaimana individu itu mengindrai semangka yang dimakan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pertanyaan soal rasa jawabannya dapat diperdebatkan karena tidak mempunyai definisi tunggal yang mutlak sebaliknya soal ukuran seperti besar, panjang, tinggi dan sebagainya itu mempunyai definisi yang mutlak dan tidak dapat diperdebatkan.

Apakah hal terpenting dalam kehidupan?

Jika pertanyaan ini dijawab oleh seseorang yang sedang kelaparan maka jawabannya pasti makanan, jika dijawab seseorang yang sedang kedinginan maka jawabannya pasti kehangatan. 

Dan jika ditanyakan kepada seseorang yang sedang kesepian jawabannya mungkin teman untuk berbagi.

Jika kebutuhan Dasar sudah terpenuhi masih adakah yang dibutuhkan manusia? 

Terlepas dari kebutuhan-kebutuhan seperti hidup mewah masih ada pertanyaan yang esensial di mana sampai saat ini masih jadi perdebatan, siapa aku dan dari mana aku berasal?

Apakah aku memang benar seperti yang kulihat dalam cermin, ataukah aku yang sebenarnya berbeda apa yang kulihat dalam cermin dan apa yang dilihat oleh orang lain terhadapku.

Apakah aku seperti asap yang terjebak dalam tubuh manusia yang di bekali dengan panca indra, pikiran dan kelebihan lainnya yang dimiliki manusia. 

Lalu andai aku terjebak dalam tubuh hewan mungkin aku tidak akan mampu menanyakan siapakah aku, dari mana asalku.

Benarkah nenek moyangku berasal dari makhluk hominid (kera) yang berevolusi menjadi manusia seperti yang dikatakan dalam teori Darwin. 

Atau aku berasal dari wujud lain yang telah hancur kemudian atom-atom kecil yang tak kasat mata membentuk diriku seperti teori Democritus, atau memang aku keturunan manusia yang di usir dari surga karena melanggar larangan Tuhan? Sebagaimana kepercayaan umat muslim.

Pertanyaan siapa aku dan dari mana aku berasal seperti pertunjukan sulap, di mana seorang pesulap menunjukkan topi yang kosong lalu tiba-tiba ditarik keluar seekor kelinci, kita tahu bahwa itu adalah tipuan dari seorang pesulap namun yang ingin kita tahu bagaimana dia melakukannya.

Jika menyangkut dunia masalah sedikit berbeda, kita tahu bahwa ini bukanlah hasil sulap dan tipuan karena kita adalah bagian dari pertunjukan itu.

Namun, bedanya kita dengan kelinci yang keluar dari topi seorang pesulap adalah kelinci tidak menyadari bahwa dia adalah bagian dari pertunjukan itu sedangkan kita mengerti dan menyadari bahwa kita berada dalam tempat yang misterius dan ingin mencari tahu bagaimana cara kerjanya.

Comments

Popular posts from this blog

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Materi "This is My School"

  A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran : 2023-2024 Kelas/Fase : Kelas VII/Fase D Alokasi Waktu : 2 JP (2x40 menit) B. Capaian Pembelajaran Fase D 1. Fase Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. 2. Elemen CP : a) Elemen Membaca - Memirsa Pada akhir Fase D, siswa dapat secara berkelompok dan mandiri membaca dan merespons teks-teks yang sudah dikenal dan tidak dikenal yang berisi struktur yang dapat diprediksi dan kosakata yang sudah dikenal, serta dapat menemukan dan mengevaluasi ide-ide utama dan informasi spesifik dalam teks-teks dengan genre yang berbeda. b) Elemen...

Tutorial Hijab Segiempat Simple, Elegan dan Cocok untuk Semua Acara

Hijab merupakan sesuatu yang digunakan oleh kaum muslimah atau kaum hawa untuk menutupi aurat di bagian kepala. Kaum muslimah seringkali mencari gaya atau style dalam memakai hijab yang sedang viral atau sedang trend. Mereka mencari tahu bagaimana cara untuk terlihat cantik, simple, dan elegan dalam menggunakan hijab di era sekarang ini. Nah, bagi kalian yang sedang mencari tahu bagaimana cara memakai hijab segiempat dengan style yang sedang trending. 1. Gunakan hijab dengan 2 sisi (kiri dan kanan) seimbang. 2. Selanjutnya, hijab jangan ditekuk terlalu maju, secukupnya saja. 3. Gunakan double pin/jarum pentul agar hijab tidak maju mundur (stay). 4. Lalu, tarik salah satu sisi ke belakang. 5. Setelah itu, bawa sisi yang ditarik tadi kembali ke depan. 6. Lalu, rapihkan bagian yang tadi ditarik ke depan. 7. Gunakan pin untuk menyatukan sisi yang tadi ditarik ke depan dengan sisi yang satunya. 8. Terakhir, rapihkan hijab di bagiann leher agar tidak terlihat berantakan. Style hijab simple d...