Skip to main content

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Materi "This is My School"

  A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran : 2023-2024 Kelas/Fase : Kelas VII/Fase D Alokasi Waktu : 2 JP (2x40 menit) B. Capaian Pembelajaran Fase D 1. Fase Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. 2. Elemen CP : a) Elemen Membaca - Memirsa Pada akhir Fase D, siswa dapat secara berkelompok dan mandiri membaca dan merespons teks-teks yang sudah dikenal dan tidak dikenal yang berisi struktur yang dapat diprediksi dan kosakata yang sudah dikenal, serta dapat menemukan dan mengevaluasi ide-ide utama dan informasi spesifik dalam teks-teks dengan genre yang berbeda. b) Elemen...

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Materi "This is My School"

 

A. Informasi Umum Perangkat Ajar

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Tahun Pelajaran : 2023-2024

Kelas/Fase : Kelas VII/Fase D

Alokasi Waktu : 2 JP (2x40 menit)

B. Capaian Pembelajaran Fase D

1. Fase Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini.

2. Elemen CP :

a) Elemen Membaca - Memirsa

Pada akhir Fase D, siswa dapat secara berkelompok dan mandiri membaca dan merespons teks-teks yang sudah dikenal dan tidak dikenal yang berisi struktur yang dapat diprediksi dan kosakata yang sudah dikenal, serta dapat menemukan dan mengevaluasi ide-ide utama dan informasi spesifik dalam teks-teks dengan genre yang berbeda.

b) Elemen Menulis – Mempresentasikan

Pada akhir Fase D, siswa dapat mengkomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf yang sederhana dan terorganisir, menunjukkan pengembangan penggunaan kosakata tertentu dan struktur kalimat sederhana. Dengan menggunakan model, mereka merencanakan, membuat, dan mempresentasikan teks yang informatif, imajinatif, dan persuasif dalam kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan untuk menjelaskan atau membenarkan suatu posisi.

3. Tujuan Pembelajaran (TP) :

a) Peserta didik mampu memahami kosakata dan frasa yang berkaitan dengan sekolah.

b) Peserta didik mampu mengidentifikasi dan memberikan deskripsi tentang fasilitas di sekolah.

c) Peserta didik mampu mengembangkan keterampilan berbicara dan menulis melalui kegiatan berbasis masalah.

4. Pengetahuan, Keterampilan atau Kompetensi Prasyarat : Peserta didik dapat mengetahui, mengidentifikasi, dan menyebutkan kosakata mengenai fasilitas yang ada di sekolah.

C. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dan Asesmen

1. Kompetensi yang dinilai :

a) Kompetensi sikap : menunjukkan sikap bertaqwa kepada Tuhan YME, menghargai, bergotong royong dan kreatif.

b) Kompetensi pengetahuan : memahami kaidah bahasa yang digunakan ketika menanyakan dan memberi informasi terkait arah suatu lokasi.

c) Kompetensi keterampilan : kemampuan kerja dalam kelompok serta kemampuan menyampaikan gagasan dengan lugas dan percaya diri.

2. Bagaimana Menilai Ketercapaian TP :

a) Penilaian sikap dilakukan dengan teknik observasi/mengamati sikap peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

b) Penilaian pengetahuan melalui produk tertulis.

c) Penilaian keterampilan melalui kinerja di dalam kegiatan kelompok.

d) Penilaian mencakup asesmen individu dan asesmen kelompok.

3. Metode Asesmen : Tertulis

4. Produk : Teks yang berisi deskripsi mengenai fasilitas yang ada di sekolah dengan menggunakan kosakata atau frasa mengenai direction.

D. Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan :

• Beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

• Bergotong-royong

• Bernalar Kritis

• Kreatif

E. Metode dan Model Pembelajaran

1. Metode Pembelajaran : Project based learning dan problem based learning

2. Model Pembelajaran : Diskusi kelompok

F. Asesmen

1. Cara Penilaian : Rubrik Asesmen Individu (terlampir)

2. Jenis Asesmen : 

•Diagnostik Kognitif : dilakukan sebelum membahas materi pembelajaran untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik.

•Formatif : dalam bentuk tertulis (deskriptif teks) 

G. Materi Ajar, Alat, dan Bahan

1. Materi Ajar :

• Vocabulary mengenai fasilitas yang ada di sekolah

• Vocabulary mengenai direction (preposition)

• Simple present tense

2. Alat dan Bahan :

• Textbook

• Mega Card

• Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

• Laptop

• LCD

H. Pemahaman Bermakna

Untuk memberi petunjuk atau informasi tentang arah lokasi, Peserta didik perlu menggunakan kata-kata seperti “turn left” belok kiri, “on the right” di sebelah kanan, “next to”sebelah, “between” di antara, “pass” lewati, “go straight” berjalan lurus, dan “near” dekat. Contoh: “The library is on the right.” “Go straight, the library is on the right.” If you go straight, from the main building, you will see the canteen.

I. Pertanyaan Pemantik

• Can you give me directions to the school canteen using English?

• I’m looking for the school library. Do you know where it is?

• What other facilities do you usually find at school?

J. Kegiatan Pembelajaran

• Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

1) Pendidik membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa, memperhatikan kesiapan, dan memeriksa kehadiran peserta didik.

2) Pendidik memberikan motivasi kepada peserta didik agar tetap bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

3) Pendidik menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran.

4) Pendidik mempersiapkan peralatan yang akan digunakan selama proses pembelajaran berlangsung.

5) Apersepsi pendidik dapat memulai pembelajaran dengan menanyakan perihal apa yang sudah mereka pelajari minggu lalu.

6) Pendidik membagi peserta didik ke dalam 7 kelompok.

• Kegiatan Inti (60 Menit)

- Brainstorming dan Mind Mapping (15 Menit)

1) Pendidik memperkenalkan materi "This is My School" dengan menampilkan video yang sudah disiapkan melalui LCD. 

2) Pendidik meminta peserta didik untuk mendeskripsikan apa yang ada di sekolah mereka.

3) Siswa melakukan brainstorming tentang fasilitas yang ada di sekolah mereka.

4) Pendidik memberikan instruksi untuk bermain game sebagai ice breaking sebelum memberikan penugasan kelompok. Pendidik akan memberikan 3 instruksi, turn left (belok kiri), turn right (belok kanan), dan go straight (maju/lurus). Saat pendidik memberikan instruksi turn left, maka peserta didik harus lompat ke kiri, untuk instruksi turn right maka peserta didik harus lompat ke kanan dan untuk instruksi go ahead lompat ke depan.

- Penugasan Kelompok (25 Menit)

1) Peserta didik duduk bersama teman kelompoknya masing-masing.

2) Setiap kelompok diberikan tugas untuk membuat deskripsi tentang arah menuju fasilitas tertentu di sekolah mereka.

3) Setiap kelompok akan berjalan bersama anggota kelompoknya untuk mencari rute menuju fasilitas yang sudah ditentukan oleh pendidik. (Kelompok 1: dari teachers’ office menuju school medical room, Kelompok 2 : dari school hall menuju laboratorium, Kelompok 3 : dari canteen meuju library, Kelompok 4 : dari teachers’ office menuju garden/park melewati lapangan, Kelompok 5 : dari school medical room menuju security post, Kelompok 6 : dari class 7A menuju toilet, dan Kelompok 7 dari gate menuju class 8B).

4) Peserta didik diminta untuk membuat deskripsi dengan menggunakan kosakata yang tepat dan membuat deskripsi yang jelas serta menarik.

- Presentasi dan Diskusi (20 Menit):

1) Setiap kelompok mempresentasikan deskripsi mereka di depan kelas.

2) Peserta didik lainnya diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan umpan balik.

3) Pendidik memberikan umpan balik yang positif dan saran perbaikan jika perlu.

• Kegiatan Penutup (10 Menit)

Refleksi dan Tugas Rumah

1) Peserta didik diminta untuk merenungkan pembelajaran hari ini.

2) Pendidik memberikan tugas rumah berupa menulis deskripsi singkat tentang sekolah mereka sendiri, dengan menggunakan kosakata dan frasa yang telah dipelajari.

3) Pendidik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberi pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

K. Evaluasi Peserta Didik


Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Hijab Segiempat Simple, Elegan dan Cocok untuk Semua Acara

Hijab merupakan sesuatu yang digunakan oleh kaum muslimah atau kaum hawa untuk menutupi aurat di bagian kepala. Kaum muslimah seringkali mencari gaya atau style dalam memakai hijab yang sedang viral atau sedang trend. Mereka mencari tahu bagaimana cara untuk terlihat cantik, simple, dan elegan dalam menggunakan hijab di era sekarang ini. Nah, bagi kalian yang sedang mencari tahu bagaimana cara memakai hijab segiempat dengan style yang sedang trending. 1. Gunakan hijab dengan 2 sisi (kiri dan kanan) seimbang. 2. Selanjutnya, hijab jangan ditekuk terlalu maju, secukupnya saja. 3. Gunakan double pin/jarum pentul agar hijab tidak maju mundur (stay). 4. Lalu, tarik salah satu sisi ke belakang. 5. Setelah itu, bawa sisi yang ditarik tadi kembali ke depan. 6. Lalu, rapihkan bagian yang tadi ditarik ke depan. 7. Gunakan pin untuk menyatukan sisi yang tadi ditarik ke depan dengan sisi yang satunya. 8. Terakhir, rapihkan hijab di bagiann leher agar tidak terlihat berantakan. Style hijab simple d...

Siapa Aku? Siapa Kita?

Apakah semangka itu enak? Tentunya akan perbedaan jawaban dari pertanyaan itu, akan ada yang menjawab enak dan ada yang tidak. Jika si a mengatakan tidak enak maka si b tidak boleh memaksa si a untuk menyukai semangka itu sebab pertanyaan tersebut bersifat subjektif tergantung bagaimana individu itu mengindrai semangka yang dimakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pertanyaan soal rasa jawabannya dapat diperdebatkan karena tidak mempunyai definisi tunggal yang mutlak sebaliknya soal ukuran seperti besar, panjang, tinggi dan sebagainya itu mempunyai definisi yang mutlak dan tidak dapat diperdebatkan. Apakah hal terpenting dalam kehidupan? Jika pertanyaan ini dijawab oleh seseorang yang sedang kelaparan maka jawabannya pasti makanan, jika dijawab seseorang yang sedang kedinginan maka jawabannya pasti kehangatan.  Dan jika ditanyakan kepada seseorang yang sedang kesepian jawabannya mungkin teman untuk berbagi. Jika kebutuhan Dasar sudah terpenuhi masih adakah yang dibutuhkan manusia?...