Skip to main content

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Materi "This is My School"

  A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran : 2023-2024 Kelas/Fase : Kelas VII/Fase D Alokasi Waktu : 2 JP (2x40 menit) B. Capaian Pembelajaran Fase D 1. Fase Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. 2. Elemen CP : a) Elemen Membaca - Memirsa Pada akhir Fase D, siswa dapat secara berkelompok dan mandiri membaca dan merespons teks-teks yang sudah dikenal dan tidak dikenal yang berisi struktur yang dapat diprediksi dan kosakata yang sudah dikenal, serta dapat menemukan dan mengevaluasi ide-ide utama dan informasi spesifik dalam teks-teks dengan genre yang berbeda. b) Elemen...

Apa Saja Hal-Hal Menyenangkan Selama Kampus Mengajar? Belajar Sambil Berdampak!

 


Saat mendengar kata kampus mengajar, apa yang ada di benak kalian?

Apakah hanya sekumpulan mahasiswa yang ditugaskan mengajar di satuan pendidikan selama 4 bulan? atau hanya sebatas menjadi pengganti guru di sekolah penempatan?

Sini, aku spill sedikit apa saja pengalaman menyenangkan dan penuh makna selama menjadi bagian dari program kampus mengajar.

Jadi, menurutku hal yang paling bermakna saat mengikuti program kampus mengajar yaitu bagaimana kita bisa berbaur dengan seluruh warga di sekolah.

Saat menyusun program kerja individu, kita bisa mengasah kemampuan bernalar kita untuk membuat media ajar yang mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi dengan cara yang menyenangkan.

Saat mengikuti kampus mengajar, aku seringkali membuat media ajar yang menyenangkan bagi para siswa.

Salah satunya, aku membuat game pembelajaran bernama guess the hobby. 

Di mana, saat para siswa memainkan game tersebut, mereka akan memutar spinning wheel yang sudah ku buat sebelum masuk ke dalam kelas untuk mengajar.

Lalu, mereka akan memilih amplop sesuai dengan nomor yang tertera di spinning wheel yang berisi flashcard tentang kosakata hobi.

Setelah itu, akan ada siswa yang memeragakan kosakata hobi yang ada di flashcard dan ada juga yang bertugas menebak.

Setelah selesai mengajar dengan cara seperti itu, para siswa memberikan feedback yang menurutku sangat positif sehingga membuatku bahagia.

Hal sederhana yang telah kubuat bisa dihargai dan membuat para siswa belajar dengan cara yang menyenangkan dan tidak monoton.

Selain itu, ada juga program di mana setelah melakukan senam dan pembacaan asmaul husna untuk seluruh siswa dan guru di lapangan pada hari Jumat, tim kampus mengajar akan mengadakan game yang berbeda di setiap minggunya.

Salah satunya adalah bermain game "mammaling". Bukan hanya para siswa yang bermain, namun para guru juga ikut bermain bersama dengan anak wali kelasnya.

Hal-hal seperti ini kami lakukan dengan tujuan agar hubungan antara anggota tim kampus mengajar dengan para warga sekolah bisa terjalin dengan baik sampai akhirnya kami selesai melakukan program tersebut di sekolah mereka.

Bukan hanya itu, masih banyak pengalaman berharga dan menyenangkan selama mengikuti program kampus mengajar.

Kalau pengalaman kalian selama ikut program atau kegiatan apa?

Comments

Popular posts from this blog

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Materi "This is My School"

  A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran : 2023-2024 Kelas/Fase : Kelas VII/Fase D Alokasi Waktu : 2 JP (2x40 menit) B. Capaian Pembelajaran Fase D 1. Fase Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. 2. Elemen CP : a) Elemen Membaca - Memirsa Pada akhir Fase D, siswa dapat secara berkelompok dan mandiri membaca dan merespons teks-teks yang sudah dikenal dan tidak dikenal yang berisi struktur yang dapat diprediksi dan kosakata yang sudah dikenal, serta dapat menemukan dan mengevaluasi ide-ide utama dan informasi spesifik dalam teks-teks dengan genre yang berbeda. b) Elemen...

Tutorial Hijab Segiempat Simple, Elegan dan Cocok untuk Semua Acara

Hijab merupakan sesuatu yang digunakan oleh kaum muslimah atau kaum hawa untuk menutupi aurat di bagian kepala. Kaum muslimah seringkali mencari gaya atau style dalam memakai hijab yang sedang viral atau sedang trend. Mereka mencari tahu bagaimana cara untuk terlihat cantik, simple, dan elegan dalam menggunakan hijab di era sekarang ini. Nah, bagi kalian yang sedang mencari tahu bagaimana cara memakai hijab segiempat dengan style yang sedang trending. 1. Gunakan hijab dengan 2 sisi (kiri dan kanan) seimbang. 2. Selanjutnya, hijab jangan ditekuk terlalu maju, secukupnya saja. 3. Gunakan double pin/jarum pentul agar hijab tidak maju mundur (stay). 4. Lalu, tarik salah satu sisi ke belakang. 5. Setelah itu, bawa sisi yang ditarik tadi kembali ke depan. 6. Lalu, rapihkan bagian yang tadi ditarik ke depan. 7. Gunakan pin untuk menyatukan sisi yang tadi ditarik ke depan dengan sisi yang satunya. 8. Terakhir, rapihkan hijab di bagiann leher agar tidak terlihat berantakan. Style hijab simple d...

Siapa Aku? Siapa Kita?

Apakah semangka itu enak? Tentunya akan perbedaan jawaban dari pertanyaan itu, akan ada yang menjawab enak dan ada yang tidak. Jika si a mengatakan tidak enak maka si b tidak boleh memaksa si a untuk menyukai semangka itu sebab pertanyaan tersebut bersifat subjektif tergantung bagaimana individu itu mengindrai semangka yang dimakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pertanyaan soal rasa jawabannya dapat diperdebatkan karena tidak mempunyai definisi tunggal yang mutlak sebaliknya soal ukuran seperti besar, panjang, tinggi dan sebagainya itu mempunyai definisi yang mutlak dan tidak dapat diperdebatkan. Apakah hal terpenting dalam kehidupan? Jika pertanyaan ini dijawab oleh seseorang yang sedang kelaparan maka jawabannya pasti makanan, jika dijawab seseorang yang sedang kedinginan maka jawabannya pasti kehangatan.  Dan jika ditanyakan kepada seseorang yang sedang kesepian jawabannya mungkin teman untuk berbagi. Jika kebutuhan Dasar sudah terpenuhi masih adakah yang dibutuhkan manusia?...