Skip to main content

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Materi "This is My School"

  A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran : 2023-2024 Kelas/Fase : Kelas VII/Fase D Alokasi Waktu : 2 JP (2x40 menit) B. Capaian Pembelajaran Fase D 1. Fase Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. 2. Elemen CP : a) Elemen Membaca - Memirsa Pada akhir Fase D, siswa dapat secara berkelompok dan mandiri membaca dan merespons teks-teks yang sudah dikenal dan tidak dikenal yang berisi struktur yang dapat diprediksi dan kosakata yang sudah dikenal, serta dapat menemukan dan mengevaluasi ide-ide utama dan informasi spesifik dalam teks-teks dengan genre yang berbeda. b) Elemen...

My Village


"Desaku"

Aku adalah warga dari keluarga sederhana yang tinggal di desa Tammangalle, kecamatan Balanipa, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. desaku tidak tergolong sebagai desa tertinggal bahkan terbelakang. Desaku padat penduduk yang ramah, walaupun tidak sedikit juga ada saja warga yang bermasalah, namun, kepala desa tetap bisa menyelesaikan permasalahan apa pun yang ada di desa kami. aku mengakui bahwa kepala desaku adalah sosok pria yang tegas dan bijaksana yang bisa menyelesaikan masalah dengan tidak memihak siapa pun.

Desaku adalah desa yang bersih dan terawat. Desaku masih sangat asri karena dirawat dengan sangat baik oleh para warga. setiap Jum’at kami akan bergotong royong membersihkan lingkungan desa kami sambil bercerita dengan tetangga sekitar. Desaku masih sangat asli, bersih dari polusi, dan masih sangat hijau. Itu dikarenakan kami para warga desa selalu bertekad untuk menghijaukan desa semaksimal mungkin. Jadi, setiap bergotong royong untuk membersihkan desa, kami juga menanam pohon dan tumbuhan yang pastinya bisa bermanfaat bagi kami warga desa.

Walaupun desaku tidak sebesar desa yang lain, namun desaku selalu ramai didatangi warga desa bahkan warga desa lain apabila ada acara di desa kami. Orang desaku selalu mengadakan acara yang asyik dan menyenangkan sehingga kantor desa kami selalu ramai. Acara yang ada di desaku pun beragam, seperti acara olahraga, seni, memasak, dan sebagainya. Hadiah yang ditawarkan pun beragam, bisa dalam bentuk uang tunai, peralatan rumah tangga, sertifikat, dan sebagainya.

Di desaku juga banyak orang berpendidikan yang kembali ke desa untuk mengabdi. Aku bercita-cita sebagai guru bahasa inggris yang bisa ditempatkan di desaku agar aku bisa mengabdi di tempat aku dibesarkan dan bisa bermanfaat bagi warga desaku yang selama ini juga mengabdi di desaku.



"My Village"

I am a resident of a simple family living in Tammangalle village, balanipa sub-district, polewali mandar district, west sulawesi. My village is not classified as an underdeveloped or even backward village. My village is full of friendly people. Although there are also some residents who have problems. However, the village head can still solve any problems in our village. I admit that my village head is a firm and wise man who can solve problems by not taking sides.

My village is a clean and well-maintained village. My village is still very beautiful because it is very well cared for by the residents. Every friday we would work together to clean up our village environment while talking with our neighbors. My village is still very original, clean from pollution, and still very green. That's because we villagers are always determined to green the village as much as possible. So, every time we work together to clean the village, we also plant trees and plants that can certainly benefit us villagers.

Although my village is not as big as other villages, it is always crowded with villagers and even residents of other villages when there is an event in our village. The people of my village always organize fun and exciting events so that our village office is always crowded. The events in my village are diverse, such as sports, arts, cooking, and so on. Prizes are offered in cash, household appliances, certificates and so on.

In my village, there are also many educated people who return to the village to serve. I aspire to be an english teacher who can be assigned to my village so that i can serve the place where i grew up and can benefit the people of my village who have also been serving in my village.


"maɪ ˈvləʤ"

aɪ æm ə ˈrzɪdənt əv ə ˈsmpəl ˈfməli ˈlvɪŋ ɪn tammangalle, ˈvləʤ balanipa sub-district, polewali mandar ˈdstrɪkt, wɛst ˌsləˈwsi. maɪ ˈvləʤ ɪz nɑt ˈklsəˌfd æz æn ˌahndərdɪˈvləpt ɔr ˈiyvɪn ˈbkwərd ˈvləʤ. maɪ ˈvləʤ ɪz fʊl əv ˈfrndli ˈppəl. ˌaolˈdh ðɛr ɑr ˈaolsoʊ səm ˈrzɪdənts hu hæv ˈprbləmz. ˈˌhhvər ðə, ˈvləʤ hɛd kæn stɪl sɑlv ˈehni ˈprbləmz ɪn aʊər ˈvləʤ. aɪ ədˈmt ðæt maɪ ˈvləʤ hɛd ɪz ə fərm ənd waɪz mæn hu kæn sɑlv ˈprbləmz baɪ nɑt ˈtkɪŋ saɪdz.

maɪ ˈvləʤ ɪz ə klin ənd well-maintained ˈvləʤ. maɪ ˈvləʤ ɪz stɪl ˈvri ˈbjtəfəl bɪˈaoɔz ɪt ɪz ˈvri wɛl kɛrd fɔr baɪ ðə ˈrzɪdənts. ˈehvəri ˈfrdi wi wʊd wərk təˈehɛðər tu klin əp aʊər ˈvləʤ ɪnˈvrənmənt waɪl ˈtkɪŋ wɪð aʊər ˈnbərz. maɪ ˈvləʤ ɪz stɪl ˈvri ˈihɪʤənəl, klin frəm pəˈuwuʃən, ənd stɪl ˈvri grin. ðæts bɪˈaoɔz wi ˈvlɪʤərz ɑr ˈaolˌwz dɪˈerərmənd tu grin ðə ˈvləʤ æz məʧ æz ˈpsəbə.l soʊ, ˈehvəri taɪm wi wərk təˈehɛðər tu klin ðə ˈvləʤ, wi ˈaolsoʊ plænt triz ənd plænts ðæt kæn ˈstənli ˈbnəfɪt əs ˈvlɪʤərz.


ˌaolˈdh maɪ ˈvləʤ ɪz nɑt æz bɪg æz ˈahðər ˈvləʤɪz, ɪt ɪz ˈaolˌwz ˈkrdəd wɪð ˈvlɪʤərz ənd ˈiyvɪn ˈrzɪdənts əv ˈahðər ˈvləʤɪz wɛn ðɛr ɪz æn ɪˈvnt ɪn aʊər ˈvləʤ. ðə ˈppəl əv maɪ ˈvləʤ ˈaolˌwz ˈaorgəˌnz fən ənd ɪkˈstɪŋ ɪˈvnts soʊ ðæt aʊər ˈvləʤ ˈaofəs ɪz ˈaolˌwz ˈkrdəd. ðə ɪˈvnts ɪn maɪ ˈvləʤ ɑr daɪˈvs səʧ æz spɔrts, ɑrts, ˈkkɪŋ, ənd soʊ ɑn. ˈprzəz ɑr ˈaofərd ɪn kæʃ, ˈhhˌshld əpˈayaɪənsɪz, sərˈihɪfɪkəts, ənd soʊ ɑn.

ɪn maɪ ˈvləʤ, ðɛr ɑr ˈaolsoʊ ˈmni ˈehʤəˌeyeɪtɪd ˈppəl hu rɪˈerərn tu ðə ˈvləʤ tu sərv. aɪ əˈspr tu bi æn ˈihŋglɪʃ ˈtʧər hu kæn bi əˈsnd tu maɪ ˈvləʤ soʊ ðæt aɪ kæn sərv ðə pleɪs wɛr aɪ gru əp ənd kæn ˈbnəfɪt ðə ˈppəl əv maɪ ˈvləʤ hu hæv ˈaolsoʊ bɪn ˈsvɪŋ ɪn maɪ ˈvləʤ.

Comments

Popular posts from this blog

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Materi "This is My School"

  A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran : 2023-2024 Kelas/Fase : Kelas VII/Fase D Alokasi Waktu : 2 JP (2x40 menit) B. Capaian Pembelajaran Fase D 1. Fase Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. 2. Elemen CP : a) Elemen Membaca - Memirsa Pada akhir Fase D, siswa dapat secara berkelompok dan mandiri membaca dan merespons teks-teks yang sudah dikenal dan tidak dikenal yang berisi struktur yang dapat diprediksi dan kosakata yang sudah dikenal, serta dapat menemukan dan mengevaluasi ide-ide utama dan informasi spesifik dalam teks-teks dengan genre yang berbeda. b) Elemen...

Tutorial Hijab Segiempat Simple, Elegan dan Cocok untuk Semua Acara

Hijab merupakan sesuatu yang digunakan oleh kaum muslimah atau kaum hawa untuk menutupi aurat di bagian kepala. Kaum muslimah seringkali mencari gaya atau style dalam memakai hijab yang sedang viral atau sedang trend. Mereka mencari tahu bagaimana cara untuk terlihat cantik, simple, dan elegan dalam menggunakan hijab di era sekarang ini. Nah, bagi kalian yang sedang mencari tahu bagaimana cara memakai hijab segiempat dengan style yang sedang trending. 1. Gunakan hijab dengan 2 sisi (kiri dan kanan) seimbang. 2. Selanjutnya, hijab jangan ditekuk terlalu maju, secukupnya saja. 3. Gunakan double pin/jarum pentul agar hijab tidak maju mundur (stay). 4. Lalu, tarik salah satu sisi ke belakang. 5. Setelah itu, bawa sisi yang ditarik tadi kembali ke depan. 6. Lalu, rapihkan bagian yang tadi ditarik ke depan. 7. Gunakan pin untuk menyatukan sisi yang tadi ditarik ke depan dengan sisi yang satunya. 8. Terakhir, rapihkan hijab di bagiann leher agar tidak terlihat berantakan. Style hijab simple d...

Siapa Aku? Siapa Kita?

Apakah semangka itu enak? Tentunya akan perbedaan jawaban dari pertanyaan itu, akan ada yang menjawab enak dan ada yang tidak. Jika si a mengatakan tidak enak maka si b tidak boleh memaksa si a untuk menyukai semangka itu sebab pertanyaan tersebut bersifat subjektif tergantung bagaimana individu itu mengindrai semangka yang dimakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pertanyaan soal rasa jawabannya dapat diperdebatkan karena tidak mempunyai definisi tunggal yang mutlak sebaliknya soal ukuran seperti besar, panjang, tinggi dan sebagainya itu mempunyai definisi yang mutlak dan tidak dapat diperdebatkan. Apakah hal terpenting dalam kehidupan? Jika pertanyaan ini dijawab oleh seseorang yang sedang kelaparan maka jawabannya pasti makanan, jika dijawab seseorang yang sedang kedinginan maka jawabannya pasti kehangatan.  Dan jika ditanyakan kepada seseorang yang sedang kesepian jawabannya mungkin teman untuk berbagi. Jika kebutuhan Dasar sudah terpenuhi masih adakah yang dibutuhkan manusia?...