Skip to main content

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Materi "This is My School"

  A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran : 2023-2024 Kelas/Fase : Kelas VII/Fase D Alokasi Waktu : 2 JP (2x40 menit) B. Capaian Pembelajaran Fase D 1. Fase Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. 2. Elemen CP : a) Elemen Membaca - Memirsa Pada akhir Fase D, siswa dapat secara berkelompok dan mandiri membaca dan merespons teks-teks yang sudah dikenal dan tidak dikenal yang berisi struktur yang dapat diprediksi dan kosakata yang sudah dikenal, serta dapat menemukan dan mengevaluasi ide-ide utama dan informasi spesifik dalam teks-teks dengan genre yang berbeda. b) Elemen...

Tipe Belajar Auditori : Belajar Sambil Mendengarkan Lagu







Tahukah kamu? bahwa setiap orang memiliki tipe belajar yang berbeda-beda loh!

Salah satunya adalah tipe belajar auditori. Tipe belajar auditori yaitu tipe atau gaya belajar yang di mana orang tersebut lebih nyaman belajar sambil mendengarkan lagu atau musik.

Orang yang tipe belajarnya auditori merasa bahwa saat mereka belajar, tingkat konsentrasi dan kenyamanannya lebih tinggi saat mendengarkan lagu.

Dimanapun mereka, didampingi musik atau lagu saat belajar merupakan hal yang penting.

Contohnya, saat mereka berada di kamar dan sedang sendiri, mereka akan merasa nyaman untuk mendengarkan lagu lewat speaker.

Saat mereka berada di tempat umum seperti perpustakaan, mereka akan lebih nyaman belajar saat mendengarkan lagu atau musik dengan menggunakan headphone.

Bagaimana cara mereka belajar saat mendengarkan lagu? Apakah konsentrasi mereka tidak terbagi saat belajar sambil mendengarkan lagu?

Itu merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan orang yang tipe belajarnya bukanlah auditori.

Orang yang tipe belajarnya adalah auditori justru merasa bahwa saat belajar tanpa mendengarkan musik atau lagu akan membuat konsentrasi belajar mereka berkurang sehingga mereka merasa kurang nyaman saat belajar.

Itulah orang dengan tipe belajar auditori, kalau tipe belajarmu apa?

Comments

Popular posts from this blog

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Materi "This is My School"

  A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran : 2023-2024 Kelas/Fase : Kelas VII/Fase D Alokasi Waktu : 2 JP (2x40 menit) B. Capaian Pembelajaran Fase D 1. Fase Capaian Pembelajaran (CP) : Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. 2. Elemen CP : a) Elemen Membaca - Memirsa Pada akhir Fase D, siswa dapat secara berkelompok dan mandiri membaca dan merespons teks-teks yang sudah dikenal dan tidak dikenal yang berisi struktur yang dapat diprediksi dan kosakata yang sudah dikenal, serta dapat menemukan dan mengevaluasi ide-ide utama dan informasi spesifik dalam teks-teks dengan genre yang berbeda. b) Elemen...

Tutorial Hijab Segiempat Simple, Elegan dan Cocok untuk Semua Acara

Hijab merupakan sesuatu yang digunakan oleh kaum muslimah atau kaum hawa untuk menutupi aurat di bagian kepala. Kaum muslimah seringkali mencari gaya atau style dalam memakai hijab yang sedang viral atau sedang trend. Mereka mencari tahu bagaimana cara untuk terlihat cantik, simple, dan elegan dalam menggunakan hijab di era sekarang ini. Nah, bagi kalian yang sedang mencari tahu bagaimana cara memakai hijab segiempat dengan style yang sedang trending. 1. Gunakan hijab dengan 2 sisi (kiri dan kanan) seimbang. 2. Selanjutnya, hijab jangan ditekuk terlalu maju, secukupnya saja. 3. Gunakan double pin/jarum pentul agar hijab tidak maju mundur (stay). 4. Lalu, tarik salah satu sisi ke belakang. 5. Setelah itu, bawa sisi yang ditarik tadi kembali ke depan. 6. Lalu, rapihkan bagian yang tadi ditarik ke depan. 7. Gunakan pin untuk menyatukan sisi yang tadi ditarik ke depan dengan sisi yang satunya. 8. Terakhir, rapihkan hijab di bagiann leher agar tidak terlihat berantakan. Style hijab simple d...

Siapa Aku? Siapa Kita?

Apakah semangka itu enak? Tentunya akan perbedaan jawaban dari pertanyaan itu, akan ada yang menjawab enak dan ada yang tidak. Jika si a mengatakan tidak enak maka si b tidak boleh memaksa si a untuk menyukai semangka itu sebab pertanyaan tersebut bersifat subjektif tergantung bagaimana individu itu mengindrai semangka yang dimakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pertanyaan soal rasa jawabannya dapat diperdebatkan karena tidak mempunyai definisi tunggal yang mutlak sebaliknya soal ukuran seperti besar, panjang, tinggi dan sebagainya itu mempunyai definisi yang mutlak dan tidak dapat diperdebatkan. Apakah hal terpenting dalam kehidupan? Jika pertanyaan ini dijawab oleh seseorang yang sedang kelaparan maka jawabannya pasti makanan, jika dijawab seseorang yang sedang kedinginan maka jawabannya pasti kehangatan.  Dan jika ditanyakan kepada seseorang yang sedang kesepian jawabannya mungkin teman untuk berbagi. Jika kebutuhan Dasar sudah terpenuhi masih adakah yang dibutuhkan manusia?...